Ulas Evaluasi Pelaksanaan RPJMN di Daerah, Kementerian PPN/Bappenas Gelar Seminar Akhir Evaluasi Kinerja Daerah

Kementerian PPN/Bappenas bekerja sama dengan Universitas Mataram menggelar Seminar Akhir Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah (EKPD) yang dihelat di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (20/10). Turut hadir dalam acara tersebut, Deputi Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Roni Dwi Susanto, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Suwardji, Tim EKPD Propinsi Nusa Tenggara Barat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota, serta Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkup propinsi NTB.

Tahun ini, pelaksanaan EKPD mengacu pada dua fokus utama, yakni (1) pembangunan database indikator sasaran  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dengan indikator dari masing-masing provinsi agar dapat menjadikan baseline untuk evaluasi ke depan; (2) pembangunan model harmonisasi RPJMN 2015-2019 dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Kegiatan EKPD 2015 berfokus pada evaluasi tematik terkait pengembangan model harmonisasi perencanaan pusat dan daerah dalam mendukung sasaran Nawa Cita dan penyusunan database sasaran pokok pembangunan di tiap provinsi,” tutur Deputi Roni. Seminar Akhir EKPD 2015 yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas laporan EKPD dan pemanfaatannya untuk pusat dan daerah tersebut berlangsung sejak awal Oktober hingga akhir November 2015.

Tim EKPD Provinsi NTB memaparkan hasil draft laporan akhir yang berfokus pada evaluasi tematik terkait revolusi mental, kedaulatan pangan, dan pariwisata serta pengumpulan data sasaran pokok pembangunan untuk NTB. Seminar Akhir EKPD di pusat akan dilaksanakan di Kementerian PPN/Bappenas pada 12 November 2015. “Seminar ini bertujuan membahas laporan akhir EKPD seluruh propinsi dan mendapat masukan seluruh Bappeda,” tegas Deputi Roni.


Komentar (0)

Tinggalkan Komentar