Tingkatkan Kolaborasi Antar Instansi, Bappenas Lantik Sahli Hubungan Kelembagaan

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melantik pejabat pimpinan tinggi madya di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas, Kamis (15/8). Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini merupakan bagian upaya Kementerian PPN/Bappenas dalam memperkuat organisasi untuk menghadapi tantangan pembangunan ke depan. “Hari ini, kami dengan bangga melantik Bapak Kurniawan Ariadi sebagai Staf Ahli Hubungan Kelembagaan Kementerian PPN/Bappenas. Selamat kepada Bapak Kurniawan Ariadi yang terpilih melalui seleksi terbuka dan dipercaya mengemban amanah dalam jabatan ini. Kami berharap Bapak Kurniawan dapat menjalankan tugasnya dengan profesional, penuh dedikasi, dan komitmen yang tinggi, serta menjadi teladan di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas,” ucap Menteri Suharso.

Menteri Suharso juga menekankan, dalam masa transisi pemerintahan yang sedang berlangsung sekaligus menjelang akhir Kabinet Indonesia Maju, penting untuk menyelesaikan Rancangan Undang-Undang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025-2045 sebagai acuan visi-misi bagi semua pemangku kepentingan. Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah 2025-2029 juga harus diselaraskan dengan visi dan misi calon presiden dan wakil presiden terpilih. “Kami ingin mengingatkan peran Bapak Kurniawan sebagai Staf Ahli akan sangat penting dalam memperkuat hubungan antara Kementerian PPN/Bappenas dan seluruh K/L. Kami berharap Bapak Kurniawan dapat membantu memfasilitasi kolaborasi yang lebih baik dan mengedepankan kepentingan bersama di atas kepentingan sektoral,” jelas Menteri Suharso.

Pada akhir sambutannya, Menteri Suharso mengutip sebuah cerita yang mengandung makna mendalam sehubungan menjelangnya peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia. Cerita tersebut menggambarkan pertemuan sekelompok orang setelah perang, yang merenungkan perjuangan dan pengorbanan mereka. Ada seorang pemuda yang bertanya kepada mereka, apakah mereka berperang untuk dirinya. Pertanyaan ini mengingatkan kita agar jangan sampai perjuangan kita hanya menjadi cerita tanpa substansi. Menteri Suharso berharap, seluruh insan Kementerian PPN/Bappenas dapat menjadikan setiap usaha menjadi berarti dan bermanfaat.