Sidkab Paripurna di IKN, Bappenas Fokus Pada Transformasi Pembangunan

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan paparan dalam Sidang Kabinet Paripurna yang pertama kalinya diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (12/8). Paparan tersebut fokus pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025, dengan penekanan khusus pada pembangunan IKN, serta penanganan Daerah Khusus Jakarta pasca pemindahan ibu kota negara. RKP 2025 hadir sebagai peta jalan strategis yang memadukan visi-misi Presiden Terpilih dengan prioritas nasional, program quick wins, serta sasaran dan intervensi pembangunan hingga tingkat provinsi. “RKP 2025 memuat prioritas nasional yang dipadupadankan dengan visi-misi presiden terpilih, quick wins presiden terpilih, sasaran dan intervensi per provinsi, serta rencana pengendalian,” jelas Menteri Suharso.

Salah satu fokus utama RKP 2025 adalah peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui program-program seperti pemberian makanan bergizi gratis, pemeriksaan kesehatan gratis, serta pembangunan dan revitalisasi sekolah. Menteri Suharso menekankan pentingnya pengendalian program-program ini melalui manajemen risiko dan mekanisme pelaporan khusus untuk memastikan hasil terbaik yang cepat dirasakan masyarakat. Pembangunan IKN menjadi salah satu prioritas utama dalam RKP 2025. IKN juga diharapkan menjadi simbol identitas nasional, kota berkelanjutan, serta penggerak ekonomi Indonesia di masa depan. “Pembangunan Ibu Kota Nusantara menjadi bagian dari strategi transformasi Indonesia, khususnya dalam mewujudkan pembangunan kewilayahan yang merata dan berkualitas,” tambah Menteri Suharso.

Dalam bahasannya, Menteri Suharso juga memaparkan skema penanganan Jakarta pasca-pemindahan Ibu Kota Negara. RUU Provinsi Daerah Khusus Jakarta yang telah disahkan menjadi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 memberikan landasan hukum yang kuat bagi Jakarta untuk mengembangkan diri sebagai kota global. “Jakarta pasca pemindahan IKN diarahkan menjadi kota global yang mendukung peran sebagai pusat ekonomi nasional hingga regional,” pungkas Menteri Suharso.

Sidang Kabinet Paripurna ini menjadi momentum penting dalam mempersiapkan Indonesia menuju masa depan yang lebih maju. Dengan RKP 2025 sebagai panduan, serta fokus pada pembangunan IKN dan transformasi Jakarta, pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan visi “Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045”.