Sekretaris Kementerian PPN/Bappenas Hadiri Peresmian Gedung Baru LKPP

Sekretaris Kementerian PPN/ Bappenas Imron Bulkin, menghadiri peresmian gedung baru Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP),  Selasa, 8 Desember 2015. Ia yang hadir mewakili Menteri PPN/Bappenas Sofyan Djalil ini ikut serta dalam seremonial peresmian gedung berupa pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng.

Gedung yang terletak di Kompleks Rasuna Epicentrum, Jalan Epicentrum Tengah Lot 11B Jakarta Selatan  ini akan menampung seluruh kegiatan yang dilakukan LKPP,  termasuk konsultasi pengadaan,  troubleshooting LPSE,  ujian sertifikasi dan aktivitas lainnya.

Bangunan berbentuk segitiga ini terdiri dari 13 lapis, yaitu dua lantai basement, satu lantai masing-masing  untuk ground, aula dan mezanine, serta delapan lantai untuk ruang kerja. Pada gedung yang berdiri di tanah seluas 4.709 meter persegi ini,  bagian gedung yang satu dengan yang lain dihubungkan dengan jembatan.  Sementara pada lantai pelataran gedung, dipasangi sejumlah garis hitam yang menghadap ke kiblat sehingga bisa  difungsikan sebagai lokasi pelaksanaan shalat Jumat. "Kita ingin menjadi pionir, bahwa bangunan pemerintah bisa dramatis dan kreatif, "ujar Kepala LKPP,  Agus Prabowo.

Lebih lanjut,  ia menyebutkan desain istimewa dari gedung yang memiliki  konsep open space ini, didapatkan melalui sayembara yang diikuti oleh arsitek-arsitek Indonesia. Pemenangnya, adalah Ardi Jahya yang mendapatkan hadiah senilai Rp 400 juta.

Pimpinan LKPP ini menambahkan,  pihaknya memang ingin mengajak komponen pemerintahan lain untuk mengajak partisipasi aktif arsitek Indonesia dalam pembangunan gedung pemerintah dalam bentuk sayembara. "Ini nantinya akan membantu menghidupkan perkembangan dunia arsitektur di Indonesia," ujarnya.