SDGs Festival 2019 Ajak Anak Muda Ciptakan Aksi Positif Untuk Mempercepat Capaian Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia

JAKARTA – Sebagai koordinator nasional pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) di Indonesia, Kementerian PPN/Bappenas merangkul generasi muda melalui SDGs Festival 2019 yang diselenggarakan pada Sabtu-Minggu, 5-6 Oktober 2019 di Fountain Area Plaza Senayan, Jakarta. Mengusung tema “Sustainable Life for Our Ocean”, SDGs Festival 2019 merupakan acara pembuka dari rangkaian pertemuan tahunan SDGs Annual Conference 2019 yang akan dilaksanakan pada Selasa-Rabu, 8-9 Oktober 2019 mendatang di Hotel Fairmont, Jakarta. SDGs Annual Conference 2019 yang mengangkat tema “Sustainable Ocean for Improving Prosperity and Reducing Inequality” akan menghadirkan para pemangku kepentingan pencapaian TPB/SDGs, baik nasional maupun internasional.

 “SDGs Festival 2019 mengedukasi tentang hal-hal penting dalam menjaga ekosistem kelautan, mulai dari pelestarian biota laut, pemberdayaan masyarakat pesisir, pengembangan pariwisata, hingga pengelolaan sampah laut. Acara ini merupakan wujud nyata komitmen dan pengakuan Pemerintah Indonesia terhadap keterlibatan pemuda sebagai mitra yang setara untuk  mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” ungkap Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam pembukaan SDGs Festival 2019. Acara dilanjutkan dengan berbagai kegiatan edutainment, antara lain talkshow, stand-up comedy, pementasan Abang None DKI Jakarta, pertunjukan tari, Ikrar Pemuda SDGs 2019, Pecha Kucha, dan festival musik. Di sela SDGs Festival 2019, akan diumumkan pemenang kompetisi poster, komik, dan vlog dengan tema “Lestari Lautku”. Kompetisi yang diikuti anak muda dari seluruh penjuru Indonesia tersebut telah berakhir pada Kamis, 3 Oktober 2019 lalu.

“Kami sangat menyadari pentingnya kontribusi kelompok pemuda dalam rangka mencapai target-target SDGs di Indonesia. Untuk mengapresiasi peran kaum muda sekaligus menegaskan komitmen pelaksanaan SDGs, saya akan memimpin pengambilan Ikrar Pemuda SDGs 2019 pada hari kedua pelaksanaan SDGs Festival 2019. Ikrar Pemuda SDGs 2019 diharapkan dapat menciptakan aksi positif bagi pencapaian SDGs dan memastikan makna pentingnya keterlibatan pemuda dalam pelaksanaan SDGs di tingkat daerah dan nasional,” ungkap Menteri Bambang.    

Dalam SDGs Festival 2019, diselenggarakan dua talkshow dengan tema “Deep Dive to the Facts of Our Ocean” di hari pertama yang akan membahas cara merawat ekosistem laut beserta manfaatnya dan juga membahas mengenai pentingnya laut sebagai tanggung jawab bersama dengan narasumber Madhina Nur Muthia Suryadi (Top 5 Miss Scuba Internasional 2017), Ucie Weiland Yusuf (Muara Gembongku), dan Dinni Septianingrum (Co-founder Seasoldier). Di hari kedua, talkshow mengusung tema “Action for Sustainable Ocean” yang membahas pengelolaan limbah domestik dan cara menikmati sekaligus menjaga laut bersama Jessica Halim (Co-founder Demi Bumi), Anavaliza Atmadja (Miss Scuba 2019), Agustinus Gusti Nugroho “Nugie” (Artis/Aktivis Lingkungan), dan Hamish Daud Wyllie (Penggagas Indonesia Ocean Pride). Kedua talkshow ini akan dipandu pegiat media sosial Pangeran Siahaan. SDGs Festival 2019 juga akan mengedukasi generasi muda untuk bijak mengelola sampah dengan mengajak para pengunjung untuk mengikuti proses pemilahan sampah. Sampah-sampah yang terkumpul baik sebelum, saat, maupun setelah acara akan didaur ulang secara optimal dengan mengimplementasikan konsep zero waste to landfill.