Pantau Pembangunan, Kementerian PPN/Bappenas Selenggarakan Rapat Monitoring Peraturan Pemerintah 39 Tahun 2006

Kementerian PPN/Bappenas menggelar Rapat Monitoring Peraturan Pemerintah 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara dan Pengendalian Pelaksanaan Rencana Pembangunan, Selasa (27/10). Turut hadir dalam acara tersebut, Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Roni Dwi Susanto, Direktur Alokasi Pendanaan Pembangunan Erwin Dimas, Direktur Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah Yudo Dwinanda, Direktur Sistem dan Pelaporan Evaluasi Kinerja Pembangunan Arif Haryana, serta Direktur Evaluasi Kinerja Pembangunan Sektoral Yohandarwati.

Salah satu fokus rapat yang dihadiri perwakilan kementerian/lembaga baik pusat maupun daerah tersebut adalah akuntabilitas data yang masih belum terpenuhi.  “Di banyak daerah, data DIPA serangkali tidak diketahui padahal bisa dengan efektif dan mudah dicantumkan dalam situs resmi,” papar Direktur Yudo.

Selain akses terhadap data, format disusunnya data juga menjadi sorotan karena seringkali kementerian/lembaga meminta data yang sama dengan format berbeda. “Data harus sama sehingga indikator yang menjadi pemantauan sama agar fokus tentang rencana pembangunan,” tegas Deputi Roni.