Menteri Suharso Jadikan Flexi Work sebagai Pengungkit Produktivitas Kinerja ASN Bappenas

Untuk melihat sejauh mana progres pelaksanaan Flexible Work atau Flexi Work di Kementerian PPN/Bappenas, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa kembali melaksanakan Coffee Morning yang berjudul “Pelaksanaan Integrated Digital Workplace (IDW) dan Smart Office di Kementerian PPN/Bappenas” pada Jumat (14/2), di Ruang Rapat Djunaedi Hadisumarto 1-5, Gedung Kementerian PPN/Bappenas.

Dalam acara Coffee Morning ini, Menteri Suharso memaparkan tentang program-program yang akan dikerjakan selama satu tahun ke depan serta tentang penilaian kerja para pegawai. “Kementerian PPN/Bappenas akan menjadi contoh di Indonesia yang sudah menerapkan Flexi Work. Flexi Work ini adalah kebijakan yang membuat Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat bekerja tanpa harus ‘ngantor’ secara konvensional. Pola Flexi Work ini perlahan demi perlahan akan mengubah pola yang lama ke pola yang baru, sehingga diharapkan produktivitas kerja dapat naik,” ujar Menteri Suharso.

Dalam kesempatan ini, Menteri Suharso juga menganalogikan kinerja Flexi Work serupa dengan pembangunan Candi Borobudur. Candi yang dibangun pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra ini berhasil menjadi warisan atau legacy bagi umat Buddha di Indonesia. Menteri Suharso berharap bahwa suatu saat nanti kinerja Flexi Work yang sudah diterapkan di Kementerian PPN/Bappenas bisa menjadi warisan yang berguna bagi para ASN di Indonesia. “Saya berharap suatu saat Flexi Work ini bisa seperti Candi Borobudur. Meninggalkan warisan yang berharga bagi generasi setelahnya,” ungkap Menteri Suharso.

Dalam acara Coffee Morning ini, Sekretaris Kementerian PPN/Bappenas Himawan Hariyoga serta Inspektur Utama Kementerian PPN Wismana Adi Suryabrata juga berkesempatan memberikan sambutan. Turut hadir para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional Perencana Utama, Madya, Muda, dan Pertama, serta Widyaiswara, Auditor, dan Pejabat Fungsional Arsiparis dan Umum Kementerian PPN/Bappenas.