Menteri Sofyan: Spanyol Siap Berinvestasi di Indonesia

Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil menghadiri Spain-Indonesia Investment and Business Cooperation Forum di Hotel Shangri-La, Rabu (25/11). Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Duta Besar Spanyol untuk Indonesia Francisco Jose Viqueira, dan Sekretaris State for Trade sekaligus Presiden ICEX Spain Trade and Investment Jaime Gracia-Legaz.

“Spanyol sudah siap untuk  memperpanjang program finansial sebesar 250 juta euro tahun depan,” ungkap Menteri Sofyan kala memberi sambutan pembuka. Sebanyak 31 perusahaan akan menyumbang investasi yang akan mengutamakan konten lokal tersebut. Sebelumnya, Menteri Sofyan dan delegasi Spanyol mengadakan rapat bilateral yang membahas usaha untuk meningkatkan hubungan baik antarkedua negara, terutama dalam rangka percepatan pembangunan di sektor strategis.

Spanyol siap untuk menanamkan modal di sejumlah ruang kerja sama, di antaranya energi dan infrastruktur listrik, pembangunan infrastruktur, dan transportasi darat. Menteri Sofyan menyebut rencana pembangunan pembangkit listrik 35.000 megawatt memang cukup besar, namun menilik jumlah rakyat yang mencapai 250 juta orang, pembangkit tersebut belum mencapai skala masif.  

Di sektor infrastruktur, pembangunan jalur kereta api dan di Sulawesi dan Kalimantan juga menjadi prioritas. Pasalnya, eksistensi infrastruktur akan berdampak langsung bagi kehidupan ekonomi masyarakat. “Dalam jangka panjang juga akan dibangun jaringan kereta api di Papua," tutur Menteri Sofyan.

Pemerintah Indonesia juga menyatakan komitmen untuk mendampingi proses pembangunan dengan peluncuran paket-paket kebijakan untuk meningkatkan daya saing ekonomi.