Menteri PPN: Kolaborasi Swasta-BUMN Kunci Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi dan Penciptaan Lapangan Kerja

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dalam acara “Afternoon Tea Kompas Collaboration Forum”, Kamis (4/7), menekankan pentingnya kolaborasi antara swasta dan BUMN dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di Indonesia. Menteri Suharso menyoroti tren perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam dua dekade terakhir, yang hanya berkisar di angka 5 persen. Beliau menegaskan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan berkelanjutan, diperlukan investasi yang lebih produktif dan inovatif.

“Kolaborasi antara swasta dan BUMN adalah kunci untuk meningkatkan investasi dan produktivitas di berbagai sektor ekonomi. BUMN memiliki keunggulan dalam hal modal dan jaringan usaha, sementara swasta dapat menawarkan kreativitas dan inovasi. Sinergi antara keduanya akan menciptakan peluang baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif,” jelas Menteri Suharso.

Menteri Suharso juga menyoroti beberapa sektor prioritas yang berpotensi dikolaborasikan  antara swasta dan BUMN, antara lain infrastruktur, energi dan transisi energi, kesehatan, serta logistik. Kolaborasi di sektor ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah, menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan daya saing ekonomi, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Meskipun demikian, harus diakui kolaborasi pihak swasta dan BUMN masih menghadapi beberapa tantangan, seperti perbedaan prioritas dalam proses bisnis, perbedaan kapabilitas dan sumber daya, serta isu terkait regulasi dan perizinan. Oleh karena itu, beliau menekankan pentingnya strategi yang efektif untuk mendukung keberhasilan kolaborasi, termasuk penguatan peran perbankan, perubahan paradigma antar institusi, studi komprehensif, serta transparansi dan akuntabilitas.

Kementerian PPN/Bappenas telah menyusun Rencana Investasi Swasta dan BUMN yang mendukung prioritas pembangunan nasional dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025. Rencana ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi kolaborasi yang lebih strategis dan terarah antara swasta dan BUMN. “Kami optimis dengan kolaborasi yang kuat antara swasta dan BUMN, kita dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, menciptakan lapangan kerja yang lebih luas, dan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” pungkas Menteri Suharso.