Menteri Bambang: Indonesia Akan Jadi Pemain Penting dalam Ekonomi Islam Dunia

JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P. S. Brodjonegoro menjadi pembicara dalam siaran Economic Challenges di salah satu stasiun televisi swasta pada Senin (1/8) dan menyampaikan beberapa hal mengenai Islamic Finance atau keuangan syariah.

Bambang menyebutkan Indonesia harus mengirim pesan dalam World Islamic Economic Forum (WIEF) 2016 bahwa Indonesia akan menjadi pemain serius dalam bisnis keuangan syariah baik di sektor keuangan maupun sektor riil yang terkait dengan komunitas muslim.

“Jadi di sini berbicara Islamic Finance juga memerhatikan sampai hallal industrycreative industry yang kepentingannya untuk masyarakat muslim hingga yang mungkin jarang dibahas yaitu moslem friendly tourist destination atau bahasa mudahnya hallal tourism,” ujar Menteri Bambang.

Mengenai Islamic Finance atau keuangan syariah, Bambang membahas keterkaitannya dengan peran pengusaha atau pebisnis, terutama pengusaha muda dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Melihat kemiripan Islamic Finance dengan modal ventura, pengembangan melalui modal ventura berguna untuk menyokong pengusaha muda dan UMKM bersaing di level global. Selain itu ia juga membahas manfaat even WIEF dalam mendukung pengusaha muda dan UMKM.

“Dengan kita aktif dalam WIEF, utamanya dari sisi pelaku usaha, diharapkan pengusaha muda Indonesia bisa belajar dari pengusaha sukses lainnya dari dalam maupun luar negeri. Sehingga jika ada permintaan produk halal berbasis muslim kita sudah siap, juga siap dari sisi siapa yang memproduksi barang-barang tersebut untuk kebutuhan ke depannya.”