Menteri Bambang Dorong Pejabat yang Dilantik Berkontribusi Maksimal Terhadap Pembangunan

JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro secara resmi mengangkat dan melantik Pimpinan Tinggi Madya, Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrasi, Pejabat Fungsional, Perencana Kementerian PPN/Bappenas, yang diselenggarakan di Ruang Rapat Djunaedi Hadisumarto (DH) 1-3, pada Senin (12/2). Para pejabat yang dilantik antara lain, Staf Ahli Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Amalia Adininggar Widyasanti, Direktur Pangan dan Pertanian R. Anang Noegroho Setyo Moeljono, Direktur Kelautan dan Perikanan Sri Yanti JS, Direktur Pendanaan Luar Negeri Multilateral Rd. Siliwanti, Kepala Pusat Analisis Kebijakan dan Kinerja Onny Noyorono, dan beberapa pajabat adiministrasi, pejabat fungsional dan perencana Kementerian PPN/Bappenas.

Dalam sambutannya, Menteri Bambang berharap para pejabat yang dilantik dapat memberikan motivasi dan inspirasi serta kontribusi yang maksimal terlebih saat ini Kementerian PPN/Bappenas sedang dalam tahap monitoring pelaksanaan dari Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2018 sekaligus menyiapkan kerangka teknokratis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024. “Saya harapkan dengan posisi baru, dengan jabatan yang diemban mudah-mudahan bisa memberikan motivasi dan inspirasi kepada kita semua, tentunya saya berharap bapak ibu bisa memberikan kontribusi yang maksimal kepada Kementerian PPN/Bappenas. Kami harapkan partisipasi dari semua pihak agar dokumen-dokumen yang nantinya kita hasilkan memberikan manfaat bagi bangsa dan negara,” tutur Menteri Bambang.

Selain itu Menteri Bambang memberikan arahan agar para pejabat dapat membangun dan membina hubungan kemitraan sebaik-baiknya dengan Kementerian/Lembaga, namun hubungan tersebut tetap harus mencerminkan bahwa Kementerian PPN/Bappenas sebagai otoritas perencana. “Dan yang saya ingin tekankan adalah kita adalah otoritas perencanaan, dan seyogyanya otoritas perencana adalah yang menentukan arah pembangunan Indonesia ke depannya, baik dalam jangka waktu setahun, lima tahun maupun dua puluh tahun,” ujar Menteri Bambang.

Menteri Bambang juga menyampaikan kepada para pejabat yang dilantik perlunya kerjasama dalam tim, sehingga akan membawa Kementerian PPN/Bappenas nantinya lebih baik dan berwibawa dalam penyelesaian masalah nasional. Itu juga tidak cukup hanya dengan adanya peraturan pemerintah atau Undang Undang Dasar (UUD), tapi juga diwujudkan dengan kerja nyata dan kemampuan para pejabat dalam mengaktualisasi kemampuan kerjasama dalam tim, terutama untuk meyakinkan para stakeholders, Kementerian/Lembaga, maupun pihak lainnya.

“Yang paling penting saya harapakan kerjasama dalam tim, saya tidak ingin warga Kementerian PPN/Bappenas tidak bisa bekerjasama dengan orang lain. Kalau kerjasama di antara pihak-pihak di Kementerian PPN/Bappenas semakin baik, saya membayangkan Kementerian PPN/Bappenas kedepan tidak perlu lagi level Eselon III, cukup hingga Eselon II sisanya sudah fungsional. Karena bagi saya perencanaan itu bukan pekerjaan birokratis, tapi sifatnya demokratis, kebijakan kajian yang tentunya sangat membutuhkan kerja tim tadi,” pungkas Menteri Bambang.