Kick Off SAA 2024: Bappenas Dorong Inovasi Capaian SDGs dan Indonesia Emas 2045

JAKARTA – Kementerian PPN/Bappenas melalui Sekretariat Nasional TPB/SDGs kembali menggelar Indonesia’s SDGs Action Awards (SAA) 2024 yang bertujuan untuk mengapresiasi beragam aksi baik yang berkontribusi untuk pencapaian target TPB/SDGs. Memasuki tahun ketiga, SAA 2024 dimulai dengan acara seremonial kick-off yang dibuka Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/ Bappenas Vivi Yulaswati yang dihadiri perwakilan pemerintah daerah, korporasi, dan organisasi masyarakat sipil. "Kita saat ini sudah pada dekade aksi 10 tahun terakhir pelaksanaan TPB/SDGs. Tepatnya, kita hanya punya 6 tahun tersisa untuk mencapai berbagai tujuan pembangunan berkelanjutan pada 2030. Ini membutuhkan perhatian aksi nyata untuk mempercepat pencapaian target, karena TPB/SDGs juga menjadi salah satu upaya kita mencapai visi Indonesia Emas 2045, sebab terkait dengan Tujuan 4: Pendidikan Berkualitas, Tujuan 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta Tujuan 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur," terang Deputi Vivi, Selasa (21/5).

Mengusung tema “Inovasi menuju Indonesia Emas: Keterkaitan Pendidikan Berkualitas, Pekerjaan dan Industri Hijau”, SAA 2024 diharapkan dapat menarik partisipasi berbagai pihak yang menampilkan praktik terbaik dengan dampak luas bagi penerima manfaat. Deputi Vivi menegaskan pentingnya tema ini dan menjabarkan ke empat area aksi nyata, yaitu penguatan SDM, pertumbuhan ekonomi inklusif, industri hijau, dan inovasi digital. “Tema ini penting dan relevan untuk menjawab tantangan sosial, ekonomi, dan lingkungan, terutama terkait persiapan kualitas SDM menuju pekerjaan hijau dan industri hijau yang sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045,” papar Deputi Vivi.

Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian PPN/Bappenas Pungkas Bahjuri Ali menyampaikan SAA 2024 melibatkan peserta meliputi pemerintah provinsi, organisasi masyarakat sipil, filantropi, perguruan tinggi, korporasi, UMKM, koperasi & start-up, serta kategori khusus pemerintah kota. SAA 2024 akan melibatkan dewan juri independen dari kalangan akademisi, perwakilan pemerintah, perwakilan organisasi kemasyarakatan, dan para pakar pembangunan berkelanjutan.

Kementerian PPN/Bappenas berharap target capaian TPB/SDGs pada 2030 menjadi daya ungkit untuk mencapai Indonesia Emas 2045, serta mengundang berbagai pihak terlibat dalam SAA 2024 dengan registrasi melalui sdgs-awards.bappenas.go.id pada periode 22 Mei-25 Juni 2024. “Kami mengajak berbagai pihak untuk mendaftarkan berbagai praktik baik yang telah dilakukan untuk ikut berpartisipasi dalam pencapaian target TPB/SDGs yang selaras dengan capaian Indonesia Emas 2045,” pungkas Deputi Vivi.