Indonesia Segera Helat Sanitation and Water For All Sector Ministers’ Meeting 2022

JAKARTA – Selain memegang Presidensi G20 2022, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah perhelatan Sector Ministers’ Meeting (SMM) 2022, pertemuan tingkat tinggi dua tahunan antar Menteri yang menangani sektor air minum, sanitasi dan higiene. Kegiatan yang akan berlangsung pada 18-19 Mei 2022 mendatang di Jakarta tersebut diinisiasi Sanitation and Water for All (SWA) dan akan menghadirkan 300 peserta yang mewakili 95 negara anggota SWA, di mana 85 orang di antaranya merupakan pemangku kepentingan setingkat menteri. Sejalan dengan tema G20 “Recover Together, Recover Stronger”, SMM 2022 mengangkat tema besar "Building Forward Better for Recovery and Resilience".

SMM 2022 akan berperan krusial untuk masyarakat dan ekonomi Indonesia dengan tiga tujuan utama. Pertama, memastikan penyediaan air minum, sanitasi, dan higiene sejalan dengan upaya implementasi ekonomi hijau. Kedua, memastikan penyediaan air minum, sanitasi, serta higiene diperhitungkan sebagai pilar penting bagi ekonomi. Ketiga, meningkatkan kesehatan masyarakat melalui investasi yang dibutuhkan untuk implementasi program preventif terkait air minum, sanitasi, dan higiene.

“SMM 2022 akan menjadi momentum meningkatkan profil sektor air minum dan sanitasi Indonesia di tingkat global serta memperkuat komitmen tingkat tinggi terhadap pengembangan sektor air minum, sanitasi dan higiene yang mendukung ketahanan iklim, pemulihan ekonomi dan kesehatan,” ujar Direktur Perumahan dan Pemukiman Kementerian PPN/Bappenas Tri Dewi Virgiyanti. Berbagai persiapan acara tengah dilakukan, termasuk pertemuan perwakilan SWA Lucinda O’ Hanlon, Muyatwa Sitali, dan Ludovica Bartoli serta perwakilan UNICEF dengan para menteri yang diharapkan akan menghadiri SMM 2022, yakni Menteri Keuangan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Kesehatan, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sebagai upaya sosialisasi dan perumusan aksi dari komitmen yang dihasilkan pada kegiatan SMM 2022, Kementerian PPN/Bappenas akan mengadakan perhelatan Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) pada 25 Mei 2022. Pada gelaran tahun ini, KSAN akan mengangkat tema "Aksi Nyata Mewujudkan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman serta Berkelanjutan Untuk Semua". Melalui SMM dan KSAN, diharapkan dapat dihasilkan rencana tindak lanjut yang dapat mendukung percepatan pencapaian target SDGs 2030 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 untuk sektor air minum dan sanitasi.


Komentar (0)

Tinggalkan Komentar