HLF MSP 2024, Bappenas Dorong Solidaritas Global Melalui Kemitraan Multipihak

JAKARTA – Kementerian PPN/Bappenas akan segera menggelar Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak atau High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) 2024 pada 1-3 September 2024 di Bali. Forum ini merupakan platform strategis untuk memperkuat solidaritas kemitraan inklusif dan inovatif dalam menghadapi tantangan global serta mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) di 2030. Direktur Politik Luar Negeri dan Kerja Sama Pembangunan Internasional Kementerian PPN/Bappenas Hendra Prabandani mengungkapkan pentingnya forum ini bagi Indonesia untuk menjalin kolaborasi dengan negara-negara dalam Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST) serta meneguhkan posisi kepemimpinan Indonesia di kancah internasional. “HLF MSP 2024 membuka peluang bagi Indonesia untuk memperkuat posisinya sebagai jembatan bagi negara-negara berkembang dalam berbagi pengetahuan, praktik baik dalam mengatasi masalah pembangunan, dan merevitalisasi kerja sama South-South and Triangular Cooperation (SSTC),” ungkap Direktur Hendra.

HLF MSP 2024 juga akan membahas tema-tema kunci seperti penguatan KSST, peningkatan kesejahteraan dan keberlanjutan melalui ekonomi berkelanjutan, serta pembangunan melalui pembiayaan inovatif. Inklusivitas dialog multipihak dalam forum ini diharapkan mampu mengatasi stagnasi pembangunan global, memunculkan ide-ide inovatif, serta memperkuat kerja sama antara negara berkembang dan negara maju.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PPN/Bappenas berharap dukungan dan peran serta seluruh pihak, terutama para pelaku pembangunan seperti pemerintah pusat, daerah, swasta, organisasi masyarakat sipil, akademisi termasuk wadah pemikir (think-tank) untuk ikut berpartisipasi dan menyukseskan acara global ini. Tidak hanya untuk berkolaborasi mencari solusi bagi tantangan global, forum ini juga menjadi perwujudan salah satu Visi Indonesia Emas 2045. “HLF MSP juga diharapkan menjadi salah satu batu pijakan atau fondasi dalam mencapai Visi Indonesia Emas 2045, yaitu meningkatnya kepemimpinan Indonesia di dunia Internasional,” pungkas Direktur Hendra.