Hari Pertama Porseni Kementerian PPN/Bappenas Digelar Berlangsung Meriah

Hari pertama pelaksanaan agenda tahunan ini telah berlangsung meriah dan diikuti seluruh pejabat tinggi madya dan pratama, fungsional, dan seluruh staf Kementerian PPN/Bappenas di Gedung Bappenas, Jumat (6/9).

PORSENI Tahun 2019 dibagi menjadi delapan kontingen, yaitu: (i) Kontingen Rote, yang merupakan Kedeputian Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan; (ii) Kontingen Sulawesi, yang merupakan gabungan antara Kedeputian Bidang Ekonomi dan Kedeputian Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan; (iii) Kontingen Jawa, yang merupakan Kedeputian Bidang Pengembangan Regional; (iv) Kontingen Kalimantan, yang merupakan Kedeputian Bidang Pendanaan Pembangunan; (v) Kontingen Maluku, yang merupakan gabungan antara Kedeputian Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan dan Kedeputian Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam; (vi) Kontingen Bali, yang merupakan gabungan natara Kedeputian Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan, Inspektur Utama, dan Koperasi Bappenas; (vii) Kontingen Papua, yang merupakan gabungan antara Kedeputian Bidang Sarana dan Prasarana, Staf Ahli Menteri dan Staf Khusus Menteri PPN/Kepala Bappenas; serta (viii) Kontingen Sumatera, yang merupakan Sekretariat Kementerian PPN/Sekretariat Utama Bappenas.

Penyelenggaraan PORSENI tahun ini selain mempertandingkan beberapa jenis olahraga yaitu bola voli, tenis meja, bulutangkis, futsal, catur simultan, senam, tarik tambang, juga mempelombakan terkait pencarian bakat menyanyi Bappenas Idol, lomba defile, dan yel-yel. Terdapat tambahan bidang lomba, yaitu stand-up comedy, yang menjadi salah satu perlombaan yang menarik banyak minat pegawai. Di setiap perlombaan, seluruh pejabat dan pegawai berkumpul untuk mendukung jagoan dari kontingennya masing-masing.

Thohir Afandi selaku Ketua KORPRI Kementerian PPN/Bappenas mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat sportivitas, mempererat rasa kebersamaan, sekaligus sebagai sarana menyalurkan bakat dibidang olahraga maupun kesenian. “Forum ini merupakan salah satu cara membangun kebersamaan dan soliditas untuk menciptakan keseimbangan hidup. Disamping bekerja serius, kegiatan ini juga salah satu perhatian khusus dari Kementerian PPN/Bappenas untuk menciptakan work and life balanced,” ujar Thohir. Lebih lanjut, beliau berharap penyelenggaraan PORSENI ini dapat meningkatkan kekompakkan keluarga besar Kementerian PPN/Bappenas sebagai satu entitas lembaga perencanaan dan terimplementasinya value Kementerian PPN/Bappenas menjadi pribadi yang berintegritas, visioner, dan unggul.

Acara puncak penyelenggaraan Porseni 2019, akan diselenggarakan pada 7 September 2019 bertempat di GOR Soemantri Brodjonegoro. Selain rangkaian kegiatan acara perlombaan, di akhir acara juga akan dimeriahkan dengan hiburan musik, pembagian hadiah pemenang dari setiap cabang lomba, juga pengundian doorprize.