Bidik Pembangunan Nasional Berwawasan Kependudukan, Kementerian PPN/Bappenas - BKKBN Gelar Seminar Eksekutif

Dalam Seminar Eksekutif Analisis Dampak Kependudukan yang mengusung tema Model Solusi Strategis Dampak Kependudukan: Upaya Memaksimalkan Dampak Positif, Meminimalkan Dampak Negatif Dinamika Kependudukan, Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas Rahma Iryanti menegaskan Indonesia harus fokus pada pembangunan nasional yang berwawasan kependudukan.

“Perencanaan pembangunan tidak bisa mengandalkan daya historis masa lalu, melainkan harus memproyeksikan kondisi masa depan,” tutur beliau dalam seminar yang terselenggara atas kerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Senin (19/10).

Deputi Rahma memaparkan potensi Indonesia untuk meraih bonus demografi dengan memperhatikan potensi penduduk dan mendorong pembangunan yang mengusung kualitas sumber daya manusia.  Keduanya bisa diwujudkan dengan analisis data kependudukan yang komprehensif.

Lebih lanjut, Kepala BKKBN Surya Chandra menyebut data kependudukan sangat esensial untuk dampak kependudukan. "Data tersebut penting sebagai cerminan penduduk Indonesia dan upaya yang harus dilakukan," tegas beliau.