Bappenas Dorong Inovasi Ekonomi Keuangan untuk Transformasi Digital

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengusulkan tiga strategi untuk mendorong inovasi ekonomi keuangan, yakni meningkatkan kualitas dan kapabilitas sumber daya manusia, melakukan transformasi ekonomi dan transformasi digital, dan berinovasi memanfaatkan teknologi terkini. Transformasi digital merupakan salah satu dari enam strategi Indonesia untuk menjadi negara maju pada 2045. Adapun enam strategi utama Visi Indonesia 2045 adalah sumber daya manusia berdaya saing dan sejahtera, produktivitas sektor ekonomi, ekonomi hijau, transformasi digital, integrasi ekonomi domestik, dan pengembangan kota baru dan Ibu Kota Nusantara.

"Di dalam transformasi digital, yang paling penting adalah infrastruktur digital, dan dalam hal infrastruktur digital adalah konektivitas, pusat data dan aplikasi dan penyiaran. Pemanfaatannya dalam hal ini yaitu pendidikan, kesehatan, UMKM, dan bantuan sosial. Dan diperlukan sebuah suporter penguatan pendukung dalam hal ini keamanan siber, literasi digital, tenaga kerja digital, dan industri TIK," tutur Menteri Suharso dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2023, Senin (8/5).

Menteri Suharso menekankan tenaga kerja digital perlu ditingkatkan, mengingat proses digitalisasi akan berujung pada hilangnya tujuh jenis pekerjaan dan berkurangnya tenaga kerja sebanyak 36 juta. Namun, transformasi digital juga diprediksi akan menghasilkan 12 jenis pekerjaan baru yang menghasilkan 42 juta lapangan kerja. "Kita harus mengembangkan TIK, kita jangan hanya menjadi konsumen dari TIK," tutur Menteri Suharso.

Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional 2020-2024 mengamanatkan pengarusutamaan transformasi digital, mencakup peranan teknologi digital untuk peningkatan daya saing bangsa, serta menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa mendatang. Untuk itu, Kementerian PPN/Bappenas akan merencanakan pembangunan infrastruktur TIK, pemanfaatan infrastruktur TIK, dan fasilitas pendukung transformasi digital. Salah satu bentuk komitmen Kementerian PPN/Bappenas dalam transformasi digital adalah peluncuran Rencana Induk Pengembangan Industri Digital Indonesia 2023-2045 dalam Acara Puncak Indonesia Development Forum 2022 “The 2045 Development Agenda: New Industrialization Paradigm for Indonesia’s Economic Transformation” di Bali, 21-22 November 2022.