Kementerian PPN/Bappenas Sambut Delegasi UNDP, Pemerintah Bhutan, Pemerintah Nepal, dan Pemerintah Kamboja

Kementerian PPN/Bappenas menerima kunjungan delegasi United Nations Development Programme (UNDP), Pemerintah Bhutan, Pemerintah Nepal, dan Pemerintah Kamboja dalam rangka bertukar pikiran dan pengalaman integrasi pendanaan perubahan iklim ke dalam proses perencanaan pembangunan nasional, Jum’at (4/9).

Dalam paparannya, Direktur Kerja Sama Pembangunan Internasional Kementerian PPN/Bappenas dan Kepala National Coordination Team on South-South and Triangular Cooperation (SSTC) Tubagus Achmad Choesni menjelaskan pentingnya SSTC. “SSTC mempunyai misi untuk mendorong kemitraan, mempererat kerja sama pembangunan, dan meningkatkan solidaritas nasional dengan menggunakan keunggulan setiap negara untuk keuntungan bersama,” jelas beliau.

Direktur Lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas Wahyuningsih Darajati menyebut ada tiga kunci suksesnya integrasi isu terkait perubahan iklim pada rencana pembangunan Indonesia. “Kuncinya adalah pertama, sumber daya alam yang tersedia, kedua, sumber daya manusia yang baik, dan ketiga, pengetahuan teknologi informasi yang mumpuni,” tegas beliau.