tupoksi.png

PENJELASAN TUPOKSI

Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai lembaga perencanaan pembangunan nasional tersebut, Kementerian PPN/Bappenas menetapkan program-programnya sesuai RPJMN periode 2010-2014, yaitu  program utama (teknis) dan program pendukung (generik), sebagai berikut:

1. Program teknis

Program Perencanaan Pembangunan Nasional.

Program ini dimaksudkan untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas utama Kementerian PPN/Bappenas dalam proses perencanaan, pemantauan, evaluasi, kajian dan koordinasi kebijakan pembangunan.

2. Program generik

        1. Program generik 1:    Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis lainnya.
        2. Program generik 2:    Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur.
        3. Program generik 3:    Program Peningkatan Pengawasan dan Akuntabilitas Aparatur.

Dalam Renstra periode sebelumnya (2005-2009), ada 5 (lima) program yang digunakan Kementerian PPN/Bappenas  yaitu: 1) Program Penataan Kelembagaan dan Ketalaksanaan; 2) Program Penerapan Kepemerintahan yang Baik; 3) Program Peningkatan Pengawasan dan Akuntabilitas  Aparatur  Negara;  4) Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Negara; dan 5) Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur. Kelima program tersebut merupakan program generik yang juga digunakan oleh semua kementerian/lembaga baik seluruh program maupun sebagian dari kelima program tersebut. Karena bersifat generik (dapat digunakan semua kementerian/lembaga), maka kelima program tersebut tidak dapat mencerminkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), peran dan kewenangan Kementerian PPN/Bappenas sebagai lembaga perencanaan pembangunan nasional, sehingga menyulitkan pengukuran kinerjanya.  

Dibandingkan dengan program-program dalam Renstra 2005-2009,  jumlah program dalam Renstra 2010-2014 lebih sedikit. Perbedaan lainnya ada pada  substansi dan masalah kesesuaian dengan tupoksi Kementerian PPN/Bappenas. Program Perencanaan Pembangunan Nasional lebih sesuai dengan tupoksi Kementerian PPN/Bappenas, yang semula bernama Program Penataan Kelembagaan dan Ketatalaksanaan yang bersifat generik dan digunakan oleh semua kementerian/lembaga sehingga tidak sesuai atau tidak relevan untuk mengukur kinerja utama (tupoksi) masing-masing kementerian/lembaga. Sedangkan Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya, yang semula bernama Program Penerapan Kepemerintahan yang Baik, adalah program generik yang dapat digunakan semua kementerian/lembaga. Cakupan substansi Program Dukungan Manajemen lebih fleksibel dan relevan untuk menampung kegiatan-kegiatan pendukung, termasuk gaji dan tunjangan pegawai.

Selanjutnya, program-program tersebut dijabarkan dalam kegiatan-kegiatan prioritas Kementerian PPN/Bappenas, sebagai berikut:

a. Kegiatan-kegiatan utama untuk melaksanakan Program Perencanaan Pembangunan Nasional:

        1. Penyusunan rencana pembangunan nasional dan pendanaan/penganggarannya, baik antarwaktu, sektor, wilayah maupun antartingkat/fungsi pemerintahan.
        2. Pemantauan terhadap pelaksanaan rencana pembangunan nasional.
        3. Evaluasi atas pelaksanaan rencana pembangunan nasional, dan kajian serta evaluasi kebijakan pembangunan sebagai masukan bagi proses perencanaan berikutnya dan atau perumusan kebijakan pembangunan.
        4. Pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan.
        5. Koordinasi dalam melaksanakan perencanaan pembangunan nasional.

b. Kegiatan untuk melaksanakan ketiga program generik (pendukung):

        1. Peningkatan kapasitas instansi/unit perencanaan di pusat dan di daerah.
        2. Penyempurnaan ketatalaksanaan.
        3. Peningkatan kualitas sumber daya manusia aparatur di Kementerian PPN/Bappenas dan aparatur perencana di instansi tingkat pusat dan daerah
        4. Peningkatan fasilitas kerja, gedung, kantor, sarana dan prasarana kerja lainnya.Peningkatan kualitas sumber daya manusia aparatur di Kementerian PPN/Bappenas dan aparatur perencana di instansi tingkat pusat dan daerah.
        5. Pengawasan pelaksanaan kinerja dan anggaran Kementerian PPN/Bappenas.
        6. Peningkatan kualitas kehumasan dalam rangka membangun citra positif lembaga (brand image building).
        7. Peningkatan kualitas sistem data dan informasi perencanaan pembangunan.
        8. Pelaksanaan kegiatan pendukung lainnya.
        9. Peningkatan intensitas kerjasama dengan perguruan tinggi dan organisasi profesi di pusat dan di daerah.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2017 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved