Tata Lembaga, Menteri Bambang Melantik Pejabat Struktural di Lingkungan Kementerian PPN/Bappenas

February 2nd, 2017 5:02 pm


JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P. S. Brodjonegoro secara resmi mengangkat dan melantik tiga Pejabat Eselon I dan empat Pejabat Eselon II Bappenas, pada Kamis (2/2) pagi di Aula Serbaguna Bappenas.

Sebelumnya, pelantikan Pejabat Eselon III dan IV Bappenas sejumlah 178 orang pada Jumat (20/1) dan Selasa (31/1) sekaligus merupakan pelantikan dengan jumlah terbanyak sepanjang sejarah berdirinya Bappenas. Pelantikan tersebut dipimpin Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Imron Bulkin.

Dalam sambutannya, Menteri Bambang menyampaikan harapannya agar para pejabat yang baru dilantik dapat langsung melakukan adaptasi dengan bidang-bidang pekerjaan baru yang tak jauh dari background sebelumnya. Sebab, menurut Menteri Bambang, ada banyak sekali agenda yang masih harus diselesaikan ke depannya, misalnya terkait e-government, percepatan pembangunan Papua dan penguatan diplomasi luar negeri yang lebih efektif dan berpengaruh kuat di dunia internasional.

“Saya harap pejabat baru bisa langsung melakukan adaptasi sehingga dapat langsung bekerja dengan ritme yang seharusnya. Kemudian yang ingin saya tekankan, sebagai organisasi perencana, tentunya kita tidak boleh hanya berhenti di hanya sekedar dokumen perencanaan. Perlu mengubah mindset bahwa perencanaan itu penting dan pengendalian perencanaan juga sama pentingnya. Artinya kita ingin memastikan bahwa perencanaan dapat menjawab perkembangan jaman dan konsisten sesuai dengan apa yang kita harapkan,” jelas Menteri Bambang.

Pelantikan ini merupakan konsekuensi lanjutan dari ditetapkannya Peraturan Menteri mengenai Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pegawai, yaitu pengisian jabatan harus dilakukan secara bertahap sesuai dengan nomenklatur yang baru sehingga pelantikan terlebih dahulu dimulai dari pejabat Eselon I, II dan kemudian Eselon III dan IV.

Selain itu, Undang-undang ASN antara lain mengamanatkan perlunya dilakukan rotasi jabatan untuk para pejabat yang telah menduduki jabatannya dalam kurun waktu 5 tahun atau lebih. Adanya rotasi kepemimpinan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan nasional dengan adanya penyegaran dalam jabatan struktural.

“(Makna) penyegaran menurut saya, yaitu lebih memahami lagi career path seseorang yang bertugas di Bappenas sehingga jika memiliki gelar pendidikan di bidang A, kemudian pegawai masuk ke kedeputian atau direktorat yang tidak jauh dari bidang ketika menempuh pendidikan sebelumnya. Career path benar-benar akan kita jaga sehingga dapat mensinkronkan studinya dengan bidang pekerjaannya,” ujar Menteri Bambang.

485

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2017 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved