Berita Utama

Penandatanganan MoU Proyek NSLIC Dan Implementation Agreement Proyek SREGIP

March 4th, 2015 10:25 am


(Jakarta, 27/2) Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan acara penandatanganan MoU Proyek National Support for Local Investment Climates (NSLIC) dengan Pemerintah Kanada; serta Implementation Agreement (IA) Proyek Sustainable Regional Economic Growth and Investment Programme (SREGIP) dengan  Pemerintah Jerman.

Hasil yang diharapkan dari penandatanganan MoU kedua proyek tersebut adalah untuk meningkatkan iklim dunia usaha dan jumlah usaha yang berkelanjutan dan berdaya saing.

“Hibah atau bantuan yang diberikan kepada Pemerintah Indonesia, bertujuan untuk mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan di dalam RPJMN 2015-2019, yang baru saja ditetapkan Presiden Joko Widodo di Januari 2015. Terutama untuk pembangunan dan pertumbuhan ekonomi daerah, dalam rangka investment dan dukungan-dukungan lain,” jelas Sesmen PPN/ Sestama Bappenas, Slamet Seno Adji.

Diharapkan dukungan terhadap Pemerintah Indonesia ini, menurut beliau, dapat meningkatkan capacity building seluruh stakeholders pembangunan daerah, yang tujuannya mengentaskan kemiskinan, untuk desa-desa tertinggal, serta pembangunan perkotaan dan pusat-pusat pertumbuhan di daerah.

“Suatu kehormatan bagi saya dapat hadir dalam acara yang sangat penting ini, yang sudah cukup lama tertunda. Kontribusi Pemerintah Kanada sebesar $18 juta selama tujuh tahun ke depan ditujukan untuk memfasilitasi pengembangan ekonomi lokal dan regional. Tentu kerja sama ini melibatkan berbagai mitra pembangunan, baik level nasional maupun lokal, yang mendukung implementasi strategi ini sejalan dengan prioritas nasional,” jelas perwakilan Dubes Kanada, Jacob Thoppil.

“Bappenas berperan penting dalam mengkoordinasi mitra-mitra pembangunan; yang bekerja sama selama 6 tahun atau lebih ini dengan penuh kepercayaan (trustful). Secara intensif, kami memiliki hubungan yang saling menguntungkan (mutual exchange) dengan Bappenas, terutama dalam mendukung perencanaan proyek, mengharmonisasi pendekatan, dan menyelaraskan berbagai topik untuk pengembangan ekonomi nasional, lokal, dan regional. Untuk itu, sangat penting untuk melanjutkan kerja sama yang penuh kepercayaan ini guna berkontribusi lebih untuk pembangunan Indonesia yang berkelanjutan,” jelas Country Director GIZ, Ulrich Mohr.

Proyek NSLIC yang bernilai 18 juta dolar Kanada akan berlangsung selama 7 tahun. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesempatan kerja dan pendapatan dari penduduk miskin, melalui perbaikan iklim dunia investasi dan pengembangan jasa pendukung usaha, khususnya untuk 2 provinsi di Sulawesi, dan 5 kabupaten terpilih di masing-masing provinsi.

Ruang lingkup proyek NSLIC, antara lain: (1) fasilitasi peningkatan kapasitas daerah dalam penerapan inovasi dan regulasi; (2) fasilitasi penyusunan regu-lasi yang mendukung penguatan iklim dunia usaha; (3) pengembangan lem-baga fasilitasi pengembangan ekonomi lokal dan daerah, termasuk Sekretariat TKPED; (4) dukungan penguatan kerja sama pemerintah dan swasta.

Sementara itu, proyek SREGIP yang bernilai 4,4 juta Euro akan berlangsung selama 2,5 tahun. Tujuan proyek ini adalah meningkatkan daya saing daerah, khususnya daerah pilot (Kalimantan Barat dan NTB) melalui peningkatan nilai tambah, serta peme-rataan dan berwawasan lingkungan.

Ruang lingkup proyek SREGIP, antara lain: (1) fasilitasi dan bantuan teknis penyusunan kebijakan peningkatan investasi daerah; (2) fasilitasi UMKM dan koperasi; (3) kerja sama antar daerah dan stakeholders; (4) penerapan inovasi dan teknologi untuk peningkatan nilai tambah; (5) fasilitasi penyusunan regulasi yang mendukung penguatan iklim dunia usaha.*

599

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2017 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved