Berita Utama

Bappenas Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Mentor

December 22nd, 2016 10:15 am


JAKARTA – Kementerian PPN/Bappenas yang diwakili Sesmen PPN/Sestama Bappenas Imron Bulkin menerima trohpy penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2016, atas prestasi sebagai 3 besar terbaik untuk kategori Mentor tingkat Kementerian/Lembaga, yang secara simbolis diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (21/12).

APE merupakan penghargaan yang dikoordinasikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dan diberikan setiap dua tahun sekali pada saat Peringatan Hari Ibu.

Pemberian APE dilakukan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan atas semangat dan antusiasme Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam bekerja sama, berkolaborasi, dan saling bahu-membahu mengemban mandat negara untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman, mandiri, bermartabat, dan berkualitas.

Penghargaan tersebut terdiri dari empat kategori, yaitu Pratama, Madya, Utama, dan yang paling bergengsi adalah kategori Mentor. Untuk tahun 2016, KPPPA menetapkan  penerima penghargaan dengan rincian 84 pemerintahan Kabupaten/Kota, 17 Pemerintahan Provinsi, dan 12 Kementerian/Lembaga, yang salah satunya Kementerian PPN/Bappenas yang mendapat penghargaan sebagai pemenang untuk kategori Mentor.

APE yang telah diberikan menjadi wahana untuk mengevaluasi dan mengukur kemajuan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Indonesia. APE memberikan gambaran nyata apa yang telah dilakukan di tingkat nasional dan daerah. Pemberian APE juga menunjukkan bahwa strategi pengarusutamaan gender dan pengarusutamaan hak anak dapat diimplementasikan di masyarakat.

Kebijakan dan peraturan terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak  sudah banyak dikeluarkan, namun upaya mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan,  perlindungan dan pemenuhan hak anak harus dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat. Tidak hanya aparat publik pemerintahan, tetapi juga masyarakat, dunia usaha, dan media massa.

KPPPA sebagai leading sector untuk isu  perempuan dan anak harus bekerja keras mewujudkan visi dan misi, merancang strategi dan menggerakkan semangat semua pihak dari pusat sampai ke daerah, dan bahkan sampai pelosok Nusantara.

KPPPA  mengucapkan selamat kepada seluruh peraih penghargaan APE.  Semoga penerimaan ini menjadi momentum kebangkitan Kementerian/Lembagadan Pemda untuk berinovasi, bekerja lebih keras, cerdas, dan masif sehingga mampu mewujudkan Indonesia yang layak bagi perempuan dan anak di masa mendatang. Semoga semangat ini dapat menginspirasi Kementerian/Lembaga dan Pemda lain yang belum menerima.

458

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2017 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved