Berita Utama

Ahok Sambangi Bappenas Untuk Diskusi Kemacetan Jakarta

January 8th, 2015 9:16 pm


(Jakarta, 6/1) Menteri PPN/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago menerima kunjungan kerja Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Kantor Kementerian PPN/Bappenas. Ahok datang pada pukul 10.00 WIB dan diterima langsung di Ruang Rapat Menteri PPN/Kepala Bappenas.

Pada rapat yang digelar tertutup tersebut, Menteri Andrinof didampingi Deputi Bidang Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah, Dr. Ir. Imron Bulkin, MRP; Direktur Perkotaan dan Perdesaan, Ir. Hayu Parasati, MPS; serta Kabiro Hubungan Masyarakat dan TU Pimpinan, Thohir Afandi, S.Pd., MPA.

Kedatangan Ahok ke Bappenas pada Selasa (6/1) pagi tersebut didampingi Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi Provinsi DKI Jakarta, Sutanto Soehodho; dan Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan DKI Jakarta, Sarwo Handayani. Menteri Andrinof dan Ahok menggelar rapat kurang lebih sekitar satu jam lamanya. Setelah keluar ruangan rapat, mereka langsung menyambangi para wartawan yang menanti di lobby Kantor Bappenas.

Menteri Andrinof mengungkapkan bahwa Bappenas siap mendukung langkah Gubernur DKI Jakarta untuk mengatasi kemacetan di ibu kota. “Selama rencana yang disiapkan sesuai dengan karakter infrastruktur kota, tindakan untuk menekan angka kemacetan di Jakarta harus segera dilakukan,” ungkap beliau.

Selain itu, menurut Menteri Andrinof,  salah satu hal yang dapat dilakukan
Pemprov DKI untuk mengurangi kemacetan di Jakarta adalah dengan mendorong masyarakat Jakarta beralih menggunakan transportasi umum.

"Pemerintah mendukung pendekatan-pendekatan yang regulatif untuk mendorong publik menggunakan transportasi publik. Bila rencana-rencana baru dari Pak Gubernur itu, kita lihat bagus, ya kita dukung," kata Menteri Andrinof.

Ketika ditanya para wartawan di lobby seusai rapat, Ahok menjawab bahwa pertemuannya dengan Menteri PPN/ Kepala Bappenas adalah sebagai bagian dari “belajar” guna mengatasi berbagai permasalahan di ibu kota; salah satunya yang menjadi bahasan mereka adalah mengenai cara mengatasi permasalahan kemacetan di Jakarta.

"‎Tadi ketemu dengan Pak Menteri, dengan bapak-bapak di Bappenas, saya belajar  ilmu  di sini,  belajar  cara dalam

mengatasi kemacetan," ujar mantan Bupati Belitung tersebut.

Ahok menambahkan, dirinya juga men-dapatkan pesan dari Menteri Andrinof agar Pemprov DKI Jakarta dapat dengan cepat menata rumitnya kondisi sektor transportasi di ibu kota. Agar lalu lintas massa yang begitu besar tidak menam-bah parah tingkat kemacetan di Jakarta, Ahok mengatakan, usai pertemuan ini, Pemprov DKI dengan dibantu oleh pemerintah pusat harus segera menam-bah ruas jalan, juga mengintegrasikan berbagai moda transportasi massal, terutama yang berbasis rel.

"Beliau kasih tahu kita soal mesti sinkronkan bikin kereta api layang, underpass, menambah ruas jalan, bangun jalan layang buat busway, menambah bus dan pembatasan jalan, ERP, jalan-jalan inspeksi sungai, termasuk lima belas koridor busway kita integrasikan semua," pungkas Ahok.*

405

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2017 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved